Email : suhu@ymail.com ; suhu@rocketmail.com

Foto saya
Surabaya, East Java, Indonesia
Designer Database dan pecinta tehnologi yang Qur'ani

Rabu, Maret 05, 2008

Membuat Fungsi Terbilang pada Excel

Sumbangan ilmu dari Maseko

Membuat terbilang otomatis pada excel anda. Langkah-langkahnya :
download file ini terlebih dahulu http://rapidshare.com/files/97176865/Fungsi_Terbilang.txt
  1. Download file Fungsi Terbilang.txt, buka file excel klik Tools > Macro > Visual Basic Editor atau dengan shortcut Alt+F11.
  2. Setelah itu akan muncul window baru bertitle Microsoft Visual Basic. Setelah itu, pilih Insert > Module. Pada Module 1 yang baru dibuat, letakkan kursor pada bagian Code. Apabila belum muncul atau beralih ke bagian tersebut pilih View > Code (F7).
  3. Copy paste file Fungsi Terbilang.txt ke dalamnya.
  4. Simpan excel dengan nama, misalnya coba terbilang.xls
  5. Untuk mengaktifkan klik Insert > Function…, maka akan muncul dialog box daftar fungsi di MS Excel. Dari daftar dalam Function category, pilihlah User Defined, sehingga dalam daftar di Function name muncul nama fungsi terbilang, pilih fungsi tersebut kemudian klik OK.
  6. Sekarang Anda tutup workbook tersebut. Coba buka kembali workbook tersebut, maka akan muncul peringatan . Untuk dapat menggunakan fungsi terbilang diatas, anda harus memilih Enable Macros setiap kali Anda menggunakan.
  7. Buka kembali file coba terbilang.xls. Kemudian pilih File > Save As.. Kemudian pada isian File name isi dengan nama file, misalnya coba terbilang. Pada isian Save as type pilih Microsoft Excel Add-In (*.xla) sehingga menjadi coba terbilang.xla klik OK. Ekstensi xla ini akan membuat fungsi terbilang menjadi defaultnya excel sehingga tiap kita membuka excel maka fungsi terbilang telah menjadi feature standart excel secara otomatis.
  8. Buka excel baru. Pada workbook baru tersebut pilih Tools > Add-Ins…centang kotak terbilang lalu jawab OK.

Catatan

Isilah dialog box Function category di atas dengan ketentuan sebagai berikut:
Nilai_Angka
Isilah dengan angka yang akan diterjemahkan, atau isi dengan nama cell yang berisi angka yang akan diterjemahkan, misalnya A1.

Style
Isi dengan kode 1 sampai dengan 4 untuk menentukan cara penulisannya.
1 = Teks terbilang ditulis dengan huruf besar (kapital) semua (uppercase);

2 = Teks terbilang ditulis dengan huruf kecil semua (lowercase);

3 = Teks terbilang ditulis dengan huruf besar pada awal kata saja (title case);

4 = Teks terbilang ditulis dengan huruf besar pada huruf pertama saja (sentence case).Isian style sifatnya optional, apabila tidak diisi maka defaultnya = 4 (sentence case).

Satuan
Isi dengan satuan untuk teks terbilang, misalnya rupiah, unit atau buah. Isian satuan sifatnya optional, apabila dikosongkan maka teks terbilang ditulis tanpa satuan tertentu. Gunakan dua tanda petik (") sebagai pengapitnya.

Fungsi yang terinstall adalah =terbilang(nilai_angka;style;satuan)

Contoh : =terbilang(B2;3;" Rupiah.")

Selamat mencoba

Tidak ada komentar: