Email : suhu@ymail.com ; suhu@rocketmail.com

Foto saya
Surabaya, East Java, Indonesia
Designer Database dan pecinta tehnologi yang Qur'ani

Jumat, Januari 25, 2008

Rahasia hidup

APA RAHASIA 90/10 ITU???
10% kehidupan dibuat oleh hal-hal yang terjadi terhadap kita.
90% kehidupan ditentukan oleh bagaimana kita bereaksi / memberi respon.
APA ARTINYA? Kita sungguh-sungguh tidak dapat mengontrol 10% kejadian-kejadian yang menimpa kita. Kita tidak dapat mencegah kerusakan mobil. Pesawat mungkin terlambat, dan mengacaukan seluruh jadwal kita. Seorang supir mungkin menyalip kita di tengah kemacetan lalu-lintas. Kita tidak punya kontrol atas hal yang 10% ini.
Yang 90% lagi berbeda. Kita menentukan yang 90% ! Bagaimana? Dengan reaksi kita. Kita tidak dapat mengontrol lampu merah, tapi dapat mengontrol reaksi kita. Jangan biarkan orang lain mempermainkan kita, kita dapat mengendalikan reaksi kita !!
MARI MELIHAT SEBUAH CONTOH.
Anda sedang sarapan bersama keluarga. Adik perempuan anda menumpahkan secangkir kopi ke kemeja kerja anda. Anda tidak dapat mengendalikan apa yang telah terjadi itu. Apa yang terjadi kemudian akan ditentukan oleh bagaimana anda bereaksi. Anda mengumpat, Anda dengan kasar memarahi adik anda yang menumpahkan kopi. Dia menangis. Setelah itu, anda melihat ke istri anda , dan mengkritiknya karena telah menaruh cangkir kopi terlalu dekat dengan tepi meja. Pertempuran kata-kata singkat menyusul. Anda naik pitam dan kemudian pergi mengganti kemeja. Setelah itu anda kembali dan melihat adik perempuan anda sedang menghabiskan sarapan sambil menangis dan siap berangkat kesekolah. Dia ketinggalan bis sekolah. Istri anda harus segera berangkat kerja. Anda segera menuju mobil dan mengantar adik anda ke sekolah. Karena anda terlambat, anda mengendarai mobil melewati batas kecepatan maksimum, anda di stop polisi dalam perjalanan. Setelah tertunda 15 menit karena harus mengurus tilang ,anda tiba di sekolah. Adik anda berlari masuk. Anda melanjutkan perjalanan, dan tiba di kantor terlambat 20 menit, dan anda baru sadar, bahwa tas kerja anda tertinggal. Hari itu menjadi hari buruk bagi anda. Anda ingin segera pulang. Ketika anda pulang, anda menemukan ada hambatan dalam hubungan dengan istri dan adik anda.
KENAPA? Karena reaksi anda pagi tadi.
Kenapa hari anda buruk?
a) Karena secangkir kopi yang tumpah?
b) Kecerobohan adikmu?
c) Polisi yang menilang?
d) Karena dirimu sendiri?
Jawaban-nya adalah D .......?
Anda tidak dapat mengendalikan tumpahnya kopi itu. Bagaimana reaksi anda 5 detik kemudian itu, yang menyebabkan hari itu menjadi buruk. Ini yang mungkin terjadi jika anda bereaksi dengan cara yang berbeda. Bila anda bereaksi POSITIVE. Kopi tumpah di kemeja anda . Adik anda sudah siap menangis. Anda dengan lembut berkata: "Tidak apa-apa sayang, lain kali kamu lebih hati-hati ya". Anda pergi mengganti kemeja anda dan dan tidak lupa mengambil tas kerja anda. Anda kembali dan melihat adik anda sedang naik ke dalam bus sekolah. Istri anda mencium anda sebelum anda berangkat kerja. Anda tiba di kantor 5 menit lebih awal, dan dengan riang menyalami para karyawan. Atasan anda berkomentar tentang bagimana baiknya hari ini buat anda.
Lihat perbedaannya dari dua skenario yang berbeda. Keduanya dimulai dari hal yang sama, tapi berakhir dengan berbeda. Kenapa?
Karena REAKSI kita. Sungguh kita tidak dapat mengontrol 10% hal-hal yang terjadi. Tapi yang 90% lagi ditentukan oleh reaksi kita.
Semoga bermanfaat,

Tidak ada komentar: